100gambarbunga.blogspot.com

Panduan Cara Menanam Bunga Kertas Bergambar

Cara Menanam Bunga Kertas - Bunga kertas termasuk dalam genus Bougainvillea. Karena itu bunga yang dapat dijadikan bonsai ini juga sering disebut dan dikenal dengan bunga bogenvil. Bunga kertas  memiliki keindahan yang terletak pada warna warni bunganya. Oleh karena itu, tanaman ini sering dibudidayakan orang, baik dengan stek batang maupun diperbanyak dengan biji.

Cara Menanam Bunga Kertas

Budidaya bunga kertas sebagai hiasan di pekarangan haruslah didukung oleh tata cara penanaman yang tepat. Berikut adalah pembahasan mengenai cara menanam bunga kertas untuk Anda coba praktikan di rumah. Mari kita simak!

Cara Menanam Bunga Kertas

1. Penanaman dengan biji

Biji bunga kertas diperoleh dari bunga kertas yang sudah tua. Bunga yang telah jatuh dijemur hingga kering, kemudian pisahkan biji yang terdapat pada bunga tersebut. Langkah-langkah selanjutnya yaitu:
  1. Penyemaian. Penyemaian dilakukan setelah biji benar-benar kering. Penyemaian menggunakan media semai berupa campuran tanah halus, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:1:1. Media semai diletakkan dalam baki plastik, kemudian buat alur dengan jarak antar alus sekitar 10 cm. kemudian taburkan biji bunga kertas dan tutup dengan medi tanam. lakukan penyiraman mengunakan spray dua kali sehari.
  2. Pembibitan. Setelah biji berkecambah dan bibit mencapai tinggi ± 10 cm, pindahkan bibit ke polybag yang telah diisi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1.
  3. Pindah tanam. Bibit dapat dipindahkan ke wadah permanen seperti pot atau langsung ke lapangan/tanah setelah mencapai tinggi 30 cm.

2. Penanaman dengan stek

Cara menanam bunga kertas juga dapat diperbanyak dengan biji dan juga stek batang. Masing-masing cara tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk penanaman dengan stek, berikut adalah caranya:
  1. Pemilihan batang. Batang yang dipilih sebagai bahan tanam merupakan batang yang agak keras dengan ujung yang masih hijau. Kemudian batang dipotong sepanjang 15-20 cm.
  2. Pembibitan. Batang yang telah dipotong kemudian ditanam di polybag yang telah diisi campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Bagian atas batang disungkup dengan botol air mineral atau dengan plastik yang telah dilubangi.
  3. Pemeliharaan di pembibitan. Sebaiknya letakkan bibit di tempat yang teduh agar mengurangi penguapan. Penyiraman dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore hari. Setelah daun-daun tumbuh, buka sungkupnya. Pemeliharaan dilakukan hingga bibit telah memiliki banyak daun dan perakaran yang cukup kokoh.

3. Penanaman

Bibit yang siap dipindahkan merupakan bibit yang telah mencapai tinggi ±30 cm, batangnya telah kokoh dan memiliki banyak daun. Wadah tanam atau lubang tanam diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Agar terjadi dekomposisi, sebaiknya media tanam dipersiapkan ±1 minggu sebelum tanam.

Cara menanam bunga kertas selanjutnya dilakukan dengan memindahkan bibit ke wadah tanam atau lubang tanam. masukkan polybag terlebih dahulu, kemudian robek polybag tersebut di dalam wadah atau lubang tanam. Hal ini bertujuan agar media tanam di dalam polybag tidak tercecer. Kemudian timbun dan padatkan media tanam di sekitar wadah tanam.

4. Pemeliharaan di lapangan

Cara Menanam Bunga Kertas
Untuk membuat tanaman cepat berbunga, tidak cukup dengan menerapkan cara menanam bunga kertas yang tepat. Bunga kertas juga perlu dipelihara.

Bunga kertas membutuhkan penyiraman dua kali sehari, pagi dan sore hari atau sesuai kondisi cuaca. Agar tanaman dapat tumbuh optimal, perlu dilakukan pemupukan 2 bulan setelah tanam. Pemupukan dilakukan dengan pemberian urea dengan cara menaburkannya di sekitar area perakaran.

Tanaman bunga kertas yang telah tumbuh besar dapat dilakukan pembentukan tajuk agar lebih enak dipandang. Hal ini dapat dilakukan dengan pemangkasan tajuk dan juga dengan bantuan kawat.

Demikian pembahasan mengenai cara menanam bunga kertas. Meskipun terlihat mudah, namun harus tetap memperhatikan aspek-aspek di atas. Penanaman yang baik dapat memberikan nilai lebih kepada tanaman yang kita tanam. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel kami mengenai cara menanam bunga mawar dan cara menanam bunga krisan pada artikel selanjutnya.

0 Response to "Panduan Cara Menanam Bunga Kertas Bergambar"