100gambarbunga.blogspot.com

Cara Menanam Bunga Mawar Pengalaman Saya + Gambar

Pekarangan yang hijau dan penuh bunga adalah salah satu pendukung keindahan hunian tempat tinggal. Rumah dengan gaya dan model apa pun bila memiliki pekarangan yang tampak gersang tentu akan terlihat seperti ada yang kurang. Oleh karena hal ini, tak sedikit orang yang kemudian mengisi pekarangan rumah mereka dengan berbagai tanaman bunga.

Salah satu tanaman bunga yang cukup sering ditanam misalnya tanaman bunga mawar. Bunga mawar dianggap memiliki banyak manfaat serta punya keindahan yang sangat menawan. Jika Anda ingin mencoba membudidayakannya tapi masih belum tahu bagaimana cara menanamnya, berikut ini kami telah paparkan panduan sederhana cara menanam bunga mawar di pekarangan rumah maupun di dalam pot. Silakan disimak!

Cara Menanam Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar

1. Persiapan Media Tanam

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam cara menanam bunga mawar adalah mempersiapkan media tanam. Media tanam adalah tempat tumbuh tanaman mawar yang akan di tanam. Anda boleh membuatnya di tanah pekarangan langsung atau memanfaatkan pot bunga.

Jika Anda ingin membudidayakan bunga mawar langsung di tanah pekarangan, yang pertama harus dikerjakan adalah mencangkul dan menggemburkan tanah. Pencangkulan sebaiknya dilakukan sedalam 20-30 cm. Tanah yang dicangkul kemudian dibalik dan dibiarkan selama 3-7 hari. Setelah itu, bongkahan tanah dihancurkan hingga remah dan diberi pupuk kandang setebal 3-5 cm. Pupuk kandang diratakan ke seluruh permukaan tanah dan media tanam pun siap.
Ingat!! Pupuk kandang yang digunakan sebaiknya pupuk kandang ayam yang sudah mengalami proses dekomposisi (suhunya sudah seperti suhu tanah).
Cara Menanam Bunga Mawar

Jika Anda ingin membudidayakan bunga mawar dalam pot, penyiapan media tanam dapat dilakukan dengan mencampurkan tanah topsoil (tanah bagian atas), pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan  4:1:4. Campuran tersebut kemudian dapat langsung dimasukan ke dalam pot dan siap ditanami.

Menanam bunga mawar dalam pot lebih saya rekomendasikan karena nantinya kita mudah mengatur tata letak tanaman saat ia sudah mulai berbunga.

2. Persiapan Bibit

Setelah mempersiapkan media tanam, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam cara menanam bunga mawar adalah mempersiapkan bibit.

Bibit dapat diperoleh dengan menyemai benih mawar atau melakukan stek batang. Untuk sederhananya, saya menyarankan Anda untuk menggunakan bibit stek karena relatif lebih mudah dan tidak ribet dalam pengerjaanya. Tapi ingat, penggunaan stek sebaiknya hanya dilakukan saat penanaman pada musim hujan.

Stek batang untuk bibit mawar dapat kita ambil dari batang mawar perbatasan antara yang muda dan yang tua sepanjang telunjuk. Selain dipangkas daunnya, ujung potongan batang mawar yang akan ditanam sebaiknya dibuat runcing dan direndam dulu dalam air kelapa muda untuk merangsang pembentukan akar. Perendaman dilakukan selama 3-5 menit baru kemudian stek ditancapkan dalam media tanam.

Cara Menanam Bunga Mawar

3. Penanaman

Setelah stek siap, penanaman bisa langsung dilakukan. Cara menanam bunga mawar cukup dengan menancapkan bibit stek ke dalam media tanam. Penancapan dilakukan sedalam 2-3 cm. Setelah itu, bibit disiram jika diperlukan.

Untuk penanaman pada lahan pekarangan, stek sebaiknya ditancapkan pada jarak tanam 50x50 cm atau disesuaikan dengan keinginan.

4. Perawatan

Setelah 1-2 minggu, stek yang Anda tancapkan akan menunjukan tanda-tanda kehidupan. Beberapa helai daun kecil akan tumbuh dari ketiak bekas durinya. Namun jika ditemukan stek yang kering kecoklatan, langsung saja cabut dan ganti dengan stek yang baru.

Setelah dipastikan hidup, tahapan selanjutnya dalam cara menanam bunga mawar adalah dengan melakukan perawatan. Perawatan yang dilakukan meliputi pengaturan penyinaran, pemupukan, pengendalian gulma, penyiraman, dan pemangkasan. Lebih lanjut mengenai cara merawat bunga mawar, Anda dapat berkunjung pada posting artikel sebelumnya.

Nah, itulah panduan cara menanam bunga mawar di pekarangan dan di dalam pot sesuai dengan pengalaman saya. Perlu diingat, penggunaan cara sederhana ini sebaiknya hanya dilakukan di awal musim penghujan. Penerapan cara menanam mawar ini di musim kemarau biasanya memiliki tingkat keberhasilan pertumbuhan yang rendah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Menanam Bunga Mawar Pengalaman Saya + Gambar"