100gambarbunga.blogspot.com

Sejarah dan Asal usul Penemuan Bunga Bangkai

Membahas tentang bunga bangkai, rasanya tak lengkap jika kita tidak membicarakan bagaimana pertama kalinya bunga berbau busuk ini ditemukan. Perlu diketahui bila sejarah dan asal usul penemuan bunga bangkai diawali oleh adanya pemindahan tampuk kekuasaan penjajahan atas Indonesia dari Belanda ke Kerajaan Inggris pada tahun 1818. Badai perubahan membawa Gubernur Jendral Sir Stamford Raffles yang kala itu memegang kekuasaan tertinggi atas Indonesia mendalami keanekaragaman hayati bumi pertiwi dengan mengajak seorang ahli biologi bernama Joseph Arnold untuk menjelajahi sebuah daerah di Bengkulu.

Sejarah dan Asal usul Penemuan Bunga Bangkai

Sejarah dan Asal Usul Bunga Bangkai

Penjelajahan yang mulanya bertujuan untuk menemukan jenis hewan-hewan baru yang belum sempat diklasifikasikan dalam sistem klasifikasi tanaman nyatanya justru menjadi asal usul dan sejarah ditemukannya bunga aneh yang lain daripada bunga-bunga pada umumnya. Bunga itu saat ini kita kenal dengan nama bunga bangkai.

Pada saat perjalanan penjelajahan ke dalam hutan rombongan Arnold kebingungan dengan adanya bau busuk yang muncul di sela semak belukar (Hutan tersebut saat ini terletak di Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan). Betapa terkejutnya para anggota rombongan ketika mengetahui bahwa bau busuk bangkai yang mereka cium ternyata berasal dari sebuah bunga besar yang tengah mekar.

Setelah diidentifikasi bunga itupun oleh Arnold diberi nama Raflesia Arnoldi. Nama tersebut diberikan untuk mengenang jasa gubernur jendral Sir Stamford Raffles yang telah membiayai ekspedisi, sekaligus untuk mengenang namanya sendiri. Namun, orang-orang pribumi yang kala itu ikut dalam rombongan tanpa ribet, mereka memberi nama bunga itu bunga bangkai, sesuai dengan ciri khasnya yang memang mengeluarkan bau bangkai.

Sejak saat itu bunga bangkai kemudian dikenal dengan sangat luas di kalangan masyarakat dunia. Oleh pemerintah Inggris dan Belanda, bunga ini kemudian digolongkan sebagai fauna yang dilindungi. Hingga beberapa tahun kemudian (tepatnya tahun 1992), oleh Pemerintah Indonesia beberapa bunga bangkai dipindah dari hutan primer Bengkulu ke Kebun Raya Bogor.

Bunga yang termasuk dalam golongan Amorpholus Titanium dan suku talas-talasan ini sekarang sudah resmi menjadi ikon kabupaten kepahiyang.bunga ini pernah pula menjadi gambar samping di uang kertas pecahan Rp. 500. Berikut ini penampakan uang tersebut.

Sejarah dan Asal usul Penemuan Bunga Bangkai uang

0 Response to "Sejarah dan Asal usul Penemuan Bunga Bangkai "