100gambarbunga.blogspot.com

Budidaya dan Cara Merawat Bunga Kamboja Jepang

Budidaya dan cara merawat bunga kamboja jepang perlu dipahami karena bunga kamboja jepang saat ini banyak digemari karena keindahan bunganya. Bunga ini pun dibudidayakan secara mainstream oleh para ibu-ibu dan bahkan di beberapa toko bunga , bunga ini dijadikan bagian dari bunga duka cita. Namun, karena cara merawat bunga kamboja jepang yang salah, pada akhirnya ia jarang berbungadan justru malah mati. Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana budidaya dan cara merawat bunga kamboja jepang yang benar.

Budidaya dan Cara Merawat Bunga Kamboja Jepang

Kunci dari cara merawat bunga kamboja jepang agar dapat berbunga sepanjang tahun terletak pada pemangkasan. Jika batang kamboja dibiarkan tumbuh memanjang, ia akan terkesan berantakan. Pemangkasan batang utama perlu dilakukan agar kesan berantakan itu tidak timbul. Pemangkasan batang utama dilakukan sesuai dengan keinginan. Jika kamboja ingin dibentuk tinggi, maka batang utama juga dipangkas pada bagian yang tinggi, begitupun sebaliknya.

Pemangkasan cabang juga diperlukan agar tanaman terkesan rimbun. Pemangkasan ini juga dapat memutus siklus hidup penyakit dan hama tanaman, serta membuat bunga tumbuh serempak tiap cabangnya. Pemangkasan menghasilkan tunas bari di setiap cabang yang dipangkas. Tunas-tunas inilah yang kemudian menjadi tempat keluarnya bunga. Namun yang perlu diperhatikan adalah dua minggu sebelum dipangkas, tanaman harus dipupuk terlebih dahulu menggunakan NPK mutiara. Pemangkasan juga harus menggunakan alat yang steril agar luka pangkasan tidak terinfeksi oleh berbagai jenis patogen yang dapat membusukan batang.

Selain pemangkasan, budidaya bunga kamboja juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut:
1. Pencahayaan matahari langsung minimal 5-7 jam perhari.
2. Tanaman muda (usia < 2 bulan) sebaiknya diletakkan di tempat yang ternaungi.
3. Kamboja jepang dapat tumbuh pada suhu 5-52 derajat C.
4. Pemupukan menggunakan pupuk kandang, humus, atau kompos.
5. Media tanam campuran pasir, pupuk kandang, dan arang dengan perbandingan 1:1:1.

Demikianlah penjelasan mengenai budidaya dan cara merawat bunga kamboja jepang. Untuk mengetahui berbagai jenis kamboja jepang, Anda dapat membaca artikel kami tentang Mengenal Bunga Kamboja.

0 Response to "Budidaya dan Cara Merawat Bunga Kamboja Jepang"