100gambarbunga.blogspot.com

Bunga Tulip; Morfologi, Jenis, dan Manfaatnya

Bunga tulip adalah tanaman tahunan berumbi yang berasal dari Asia Tengah. Di Belanda tanaman yang dapat mencapai tinggi sekitar 70 cm ini berbunga saat musim dingin yakni sekitar Maret dan April. Di Iran dan Turki, bunga ini menjadi lambang bunga nasional. Bunga tulip hanya dapat tumbuh dan berbunga di daerah subtropis yang suhu hariannya tidak lebih dari 16 derajat Celcius.

Ciri-ciri dan Morfologi Bunga Tulip

Ciri-ciri dan Morfologi Bunga Tulip

Bunga tulip (Tulipa sp.) memiliki beberapa ciri yang dapat kita lihat dari tampilan morfologinya. Daun tulip berbentuk lanset, berwarna hijau tua saat muda, dan berwarna kuning saat memasuki musim gugur. Daun memiliki bulu halus pada bagian bawahnya dengan tulang daun berupa bachidodromus. Bunga tulip adalah bunga yang cantik. Warna bunga bermacam-macam tergantung dari jenis kultivas asalnya. Bunga tersusun dalam bentuk spiral. Bentuk ini merupakan modifikasi dari sistem perbungaan pinaceae. Batang tulip tumbuh tegak berkayu dengan warna hijau hingga abu-abu tua.

Gambar Bunga Tulip; Morfologi, Jenis, dan Manfaatnya

Tanaman tulip memiliki daun yang berlapis lilin dengan bentuk sempit memanjang. Daun tersebut berwarna hijau dengan nuansa kebiru-biruan. Bunga tulip berukuran besar dan terdiri dari 6 helai daun mahkota. Bunga tulip sangat mudah disilangkawinkan untuk memperoleh variasi warna yang indah. Bunga hasil persilangan dapat berwarna tunggal (merah, kuning, oranye, hijau, ungu, dan biru) atau berwarna majemuk dengan adanya berbagai macam gradasi dan kombinasi warna. Bunga tulip memiliki biji-biji yang dibungkus kapsul kering berbentuk bundar pipih. Biji-biji tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan perbanyakan tanamam. Bunga ini sebetulnya masih satu family dengan bunga lily.

Bunga yang berjuluk “Tulipomania” ini juga menjadi lambang atau simbol cinta dan keindahan dunia. Dari beberapa percobaan, bunga ini dapat ditanam di Indonesia asalkan kita dapat memodifikasi iklim mikro di lingkungan tempat tumbuhnya seperti yang telah dilakukan di Singapura.

Jenis-Jenis Tulip

Jenis-Jenis Tulip

Berdasarkan saat mekarnya, bunga tulip dapat digolongkan menjadi 3 jenis. Jenis tersebut antara lain
Tulip awal musim; tulip jenis ini mekar lebih awal yakni mulai bulan Maret hingga April. Beberapa kultivar bunga ini antara tulip red emperor, tulip waterlily, dan tulip greigii.
Tulip tengah musim; tulip jenis ini mekar lebih awal mulai bulan April hingga Mei. Beberapa kultivar bunga ini antara tulip swan sayap, tulip kakatua, dan tulip darwin.
Tulip akhir musim; tulip jenis ini mekar lebih akhir yakni mulai bulan Mei. beberapa kultivar bunga ini antara lain rembrandt.

Manfaat Bunga Tulip

Selain manfaatnya sebagai tanaman hias dan perlambang cinta, bunga tulip ternyata mengandung banyak manfaat. Bunga tulip dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit meliputi kurang darah (anemia), memar, stagnasi darah, tekanan darah tinggi (hipertensi), kanker darah, dan darah rendah. Selain itu manfaat bunga tulip juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit punggung dan parasit dalam darah.

0 Response to " Bunga Tulip; Morfologi, Jenis, dan Manfaatnya"