100gambarbunga.blogspot.com

7 Tanaman Hias dalam Ruangan yang Dapat Menyerap Racun

Untuk mempercantik hunian, salah satu yang dapat kita lakukan adalah dengan meletakkan tanaman hias dalam ruangan rumah kita. Ada beragam jenis tanaman yang mungkin bisa menjadi pilihan. Di antaranya tanaman-tanaman yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

Tanaman Hias dalam Ruangan

Ada banyak jenis tanaman hias yang mungkin dapat menjadi pilihan tepat untuk memperindah rumah sekaligus juga memberikan banyak manfaat kesehatan. Namun jika dikaitkan dengan tujuan tertentu, meletakkan tanaman hias di dalam ruangan memerlukan beberapa pertimbangan, diantaranya:
  1. Pilih tanaman yang berukuran lebih kecil
  2. Gunakan pot dengan piringan di bawahnya. Hal ini bertujuan agar air siraman tidak tumpah keluar pot
  3. Gunakan media tanam yang porous dan dapat menahan air. Contohnya cocopeat, sekam bakar, cacahan pakis atau kombinasinya. Tambahkan kompos atau humus sebagai sumber hara bagi tanaman.
  4. Perhatikan daya tahan tanaman jika diletakkan di dalam ruangan. Tanaman yang lebih menyukai intensitas cahaya rendah, tahan udara kering dengan sedikit sirkulasi dan tahan terhadap perbedaan suhu dapat diletakkan di dalam ruangan

Tanaman Hias dalam Ruangan

1. Beringin putih (Ficus benjamina ‘variegata’)

Salah satu jenis tanaman hias dalam ruangan yang paling banyak diminati sekarang ini adalah tanaman beringin putih. Beringin ini memiliki daun yang berukuran kecil dengan paduan warna daun putih mengkilap dan hijau segar. Beringin putih ini biasa dijadikan seperti bonsai yang dapat diletakkan di dalam ruangan. Akar tanaman ini dapat dibentuk sesuai keinginan kita. Sebaiknya tanaman ini diletakkan di dekat pintu, jendela atau koridor karena ia peka terhadap intensitas cahaya rendah, suhu panas, dan kelebihan air. [Baca Juga : Cara Membuat Bunga dari Pita]

2. Beringin kolesom (Ficus sp.)

Sedikit berbeda dengan beringin putih, tanaman hias dalam ruangan yang satu ini memiliki daun yang lebih panjang dan lebih ramping dibanding daun beringin biasanya. Akar tanaman ini berukuran besar menyerupai umbi ginseng atau kolesom. Ukuran tanaman ini lebih kecil. Beringin kolesom ini berasal dari Thailand. Beringin kolesom dapat bertahan di dalam ruangan selama 3-7 hari. Kemudian harus dipindahkan ke luar ruangan selama 2 minggu sebelum diletakkan kembali di dalam ruangan.

3. Peace lily

Peace lily adalah tanaman hias dalam ruangan yang dapat tumbuh subur pada tempat yang ternaungi dengan suhu 27 derajat celcius. Tanaman ini mampu menghilangkan racun berbahaya seperti amonia, etil asetat, aseton, alkoloh serta benzena di sekitar hunian tempat tinggal Anda.

Tanaman Hias dalam Ruangan

4. Bambu jepang (Draceena godseffiana)

Tanaman ini tidak memiliki batang seperti bambu pada umumnya. Batang bambu jepang lebih seperti ranting. Panjang batangnya mencapai 10 cm. Daun tumbuh berhadap-hadapan di sisi-sisi batang. Daunnya lonjong, berwarna dasar hijau pudar dengan permukaan daun yang berbintik-bintik kuning. Tanaman bambu jepang ini adalah pilihan tanaman hias dalam ruangan yang tepat jika Anda menggunakan AC di rumah, mengingat ia bisa tetap segar meski berada dalam lingkungan bersuhu dingin. [Baca Juga : Cara Menanam Bunga Mawar]

5. Palem

Tanaman palem-paleman memiliki banyak jenis. Palem kuning, palem putri, palem wergu, dan palem pheonix lebih sering digunakan sebagai tanaman hias di dalam ruangan. Palem-paleman ini lebih dikenal sebagai tanaman pembersih udara terutama pada ruangan dengan banyak asap rokok.

6. Sirih gading

Sirih gading memiliki daun dengan corak warna gading. Tanaman ini dikenal juga dengan  golden pothos atau devil’s ivy. Tanaman ini memiliki batang yang menjuntai sehingga sangat cocok jika diletakkan di pot gantung. Sirih gading adalah tamanan hias yang mampu menyerap gas-gas polutan di dalam ruangan.

Tanaman Hias dalam Ruangan

7. Lidah mertua (Sansevieria)

Tanaman ini dapat diletakkan di dalam dan di luar ruangan. Untuk di dalam ruangan sebaiknya pilih tanaman lidah mertua berdaun pendek dan lebih kerdil. Tanaman ini cepat berkembang biak. Untuk itu perlu dilakukan pemisahan tanaman. Tanaman ini memiliki kemampuan menangkal polusi udara dan menyerap beberapa gas beracun. [Baca Juga : Ide Kerajinan Tangan dari Botol Bekas]

Demikian contoh-contoh tanaman yang dapat dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Meskipun rumah akan semakin terlihat indah jika ada tanaman hias dalam ruangan hunian kita, namun lebih baik dapat menyesuaikan jenis tanaman yang kita pilih sesuai dengan luas rumah kita masing-masing. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Tanaman Hias dalam Ruangan yang Dapat Menyerap Racun"