100gambarbunga.blogspot.com

Agar Tabulampot Cepat Berbuah, Ikuti 5 Cara Ini!

Agar Tabulampot Cepat Berbuah - Keterbatasan lahan pertanian dan pemenuhan kebutuhan buah-buahan menjadi isu yang semakin memanas belakangan ini.  Salah satu cara yang ditempuh untuk mengatasi kedua hal tersebut adalah dengan menanam sendiri buah-buahan lokal pada lahan yang terbatas menggunakan wadah tanam, salah satunya pot. Masalah yang timbul setelahnya adalah bagaimana cara agar tanaman buah dalam pot ini dapat cepat berbuah. Berikut adalah pembahasannya.

Agar Tabulampot Cepat Berbuah

Penanaman buah dalam pot tidaklah begitu sulit. Yang sangat perlu diperhaikan adalah segi perawatannya. Penyiraman dan pemupukan menjadi dua hal penting yang harus diperhatikan. Selain itu terdapat hal lain yang juga menunjang agar tabulampot cepat berbuah.

Agar Tabulampot Cepat Berbuah

1. Penyiraman

Karena tanaman tumbuh di dalam pot, maka tanaman mempunyai keterbatasan dalam mencari air di pori-pori tanah. Sumber air utamanya adalah dari penyiraman. Agar tabulampot cepat berbuah, penyiraman teratur dilakukan dua kali sehari dan juga memperhatikan cuaca. Jika cuaca panas, sebaiknya lebih sering dilakukan. Namun jika akan turun hujan, jangan dilakukan penyiraman karena akan membuat air tergenang.

Tanaman membutuhkan waktu untuk meneruskan air yang tergenang. Selama waktu tersebut, genangan dapat menyebabkan timbulnya penyakit, terutama busuk akar.

2. Penggemburan

Penyiraman yang terus menerus dan berlebihan membuat media tanam memadat sehingga perlu dilakukan penggemburan. Penggemburan media tanam bertujuan untuk memberikan ruang udara agar akar tanaman lebih mudah bernafas. Agar tabulampot cepat berbuah, sebaiknya berhati-hati dalam melakukan penggemburan, jangan sampai akar terputus. [Baca Juga : Cara Merawat Bunga Mawar agar Rajin Berbunga]

3. Pemupukan

Pemupukan menggunakan pupuk kandang yang dicampurkan ke media tanam pada awal penanaman. Selanjutnya berikan pupuk NPK (15:15:15) dengan dosis 25 gram/drum setiap 4 bulan sekali dari tanam hingga umur 2 tahun. Setelah umur 2 tahun, berikan pupuk NPK (15:15:15) sebanyak 100gram/drum. Agar tabulampot cepat berbuah, pupuk diberikan dengan cara ditaruh di lubang tanam sedalam ±10 cm di sisi kanan dan kiri tanaman.

4. Penggantian media tanam

Setiap pot memiliki masa kadaluarsanya. Kondisi pot yang tidak baik akan mengganggu pertumbuhan tanaman, terutama jika pot telah jebol akibat akar tanaman yang tumbuh berlebihan. Untuk itu pot perlu diganti. Penggantian ini juga akan melibatkan penggantian media tanam di dalamnya. Sebaiknya penggantian media tanam dilakukan 2 kali dalam satu tahun agar tabulampot cepat berbuah.

5. Pemangkasan

Pemangkasan pada tabulampot bertujuan untuk membentuk tajuk agar pertumbuhannya seimbang. Selain itu juga bertujuan agar seluruh bagian tanaman dapat terkena sinar matahari. Sebaiknya pemangkasan dilakukan pada umur kurang dari 1 tahun atau batang telah mencapai tinggi 75-100 cm dari permukaan media.

Agar Tabulampot Cepat Berbuah
Pada pemangkasan awal, sebaiknya pilih 3 cabang primer. Kemudian lihat cabangnya, jika panjangnya lebih dari 50 cm, maka potong ujungnya agar dapat menumbuhkan cabang lagi. Sebaiknya pertahankan hanya 3 cabang sekunder di setiap cabang primer. [Baca Juga : Bunga Sedap Malam]

Begitu pula, pilih setiap cabang tersier yang tumbuh di cabang sekunder, dan pertahankan 3 cabang tersier. Di cabang-cabang tersier inilah akan terjadi pembungaan dan pembuahan.

Selanjutnya, ketika tanaman telah berbunga dan berbuah, pilih bunga yang akan dipertahankan. Sebaiknya jangan terlalu banyak. Untuk memperoleh ukuran buah yang cukup besar, sebaiknya buang bunga-bunga dan buah-buah lain yang muncul sesudahnya.

Tanaman buah dalam pot pun perlu mendapatkan perawatan. Pembahasan di atas merupakan cara agar tabulampot cepat berbuah dan memberikan hasil yang optimal. Harus diingat, buah yang dihasilkan dari tabulampot tidak dapat menyamai jumlah buah yang dihasilkan dari pohon yang ditanam di tanah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca juga artikel kami tentang Cara Menanam Buah Naga dalam Pot.

0 Response to "Agar Tabulampot Cepat Berbuah, Ikuti 5 Cara Ini!"