100gambarbunga.blogspot.com

Mengenal Aneka Jenis Anggrek Vanda yang Cantik

Terdapat beraneka ragam tanaman anggrek, salah satunya adalah anggrek vanda. Anggrek vanda memiliki banyak variasi dengan bunga yang umumnya berbentuk kaki-kaki laba-laba. Setiap bunga terdapat rata-rata 5 kelopak bunga. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Anggrek vanda termasuk dalam subfamili Epidendroideae dan suku Vandeae. Anggrek vanda dapat ditemukan di Indonesia, Fillipina, Australia serta China. Sebagian besar spesies anggrek vanda merupakan anggrek epifit, sebagian lainnya merupakan anggrek litofit dan terestrial. Anggrek vanda termasuk anggrek monopodial.

Anggrek Vanda

Anggrek vanda memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari yang kecil hingga mencapai panjang beberapa meter. Bentuk daun anggrek vanda bervariasi, sebagian spesies mempunyai daun berbentuk silinder menyerupai tali, ada pula yang berdaun tipis dan lebar yang menyukai sinar matahari langsung.

Anggrek Vanda
Bunga anggrek vanda berwarna putih, cokelat, biru, merah dan ungu. Bunga akan muncul setelah beberapa bulan dan bertahan 2-3 minggu dengan ukuran bunga hingga 5 cm.

Beberapa Jenis Anggrek Vanda

Anggrek Vanda

1. Vanda alpina (Lindl.) Lindl. 1853

Vanda alpina banyak ditemukan di daerah dingin pada ketinggian 1200-2000 m dpl, hidup secara epifit. Batang berbentuk silinder dan diselubungi oleh daun-daun. Bunga mekar pada akhir musim semi dan awal musim panas, dengan 1-3 bunga. Vanda alpina banyak ditemukan di sepanjang Himalaya, Nepal, Bhutan, dan China Utara.

2. Vanda arcuata J.J.Sm. 1907

Vanda arcuata dapat ditemuka di Indonesia terutama di Sulawesi Utara. Vanda arcuata tumbuh di daerah panas, termasuk anggrek monopodial, tumbuh secara epifit. Batang Vanda arcuata berbentuk silinder seperti tali, dapat melengkung. Berbunga pada musim penghujan dan muncul pada ketiak daun dan lebih pendek dari daun. Bunga berukuran 4-5 cm, beraroma seperti vanilla dan berbunga selama beberapa minggu.

3. Vanda bicolor Griff. 1851

Anggrek vanda jenis ini dapat ditemukan di Bhutan, Myanmar dan Himalaya. Anggrek ini termasuk anggrek epifit yang tumbuh pada ketinggian 700-2000 m dpl. Daun tumbuh mengelilingi batang. Bunga mekar pada musim dingin dan musim semi. Bunga muncul di ketiak daun berjumlah 3-6 bunga, masing-masing dengan panjang 3-16 cm, masing-masing bunga memiliki lima kelopak bunga. Sesuai namanya, Vanda bicolor, anggrek ini memiliki dua warna pada daunnya,umumnya berwarna coklat bercampur merah tua.

4. Vanda limbata Blume 1849

Vanda limbata ditemukan di pulau Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi dan Flores. Anggrek vanda jenis ini merupakan anggrek asli Indonesia. Vanda limbata merupakan anggrek epifit dan monopodial dengan akar yang tebal dan menjuntai. Karena ditemukan di Indonesia yang berudara panas, maka anggrek ini lebih menyukai sinar matahari dengan sirkulasi udara yang baik. Bunga muncul pada akhir musim kemarau sebelum pergantian musim. Bunga yang muncul 1-3 tangkai bunga dengan masing-masing tangkai terdapat lebih dari 3 kuntum bunga yang berukuran sekitar 3-5 cm. Bunga Vanda limbata berwarna kuning pucat, kuning kecoklatan, jingga, merah hingga kecoklatan.

5. Vanda celebica Rolfe 1899

Vanda celebica hidup pada suhu panas di dataran rendah hingga menengah dengan ketinggian 500-600 m dpl. Anggrek vanda ini hidup secara epifit dan monopodial, berukuran besar, daun yang agak tipis, melengkung. Bunga mekar pada musim panas, bunga yang muncul mencapai 8 pembungaan. Ukuran bunga mencapai 3-4 cm. Beraroma bunga lili pada awal kemunculan, namun setelah beberapa minggu tercium aroma mentimun. Aroma ini tercium pada sore hari.

Semoga ciri khas dari anggrek vanda yang telah dikemukakan di atas dapat memudahkan teman-teman dalam membedakan bermacam-macam anggrek. Khususnya variasi anggrek vanda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mengenal Aneka Jenis Anggrek Vanda yang Cantik"