100gambarbunga.blogspot.com

Fakta Unik Bunga Sedap Malam dan Manfaatnya

Bagi para hobbis tanaman-tanaman hias, bunga sedap malam tentu merupakan salah satu bunga yang menjadi incaran untuk menambah koleksi. Selain keindahan dan keharuman yang mempesona, banyaknya fakta-fakta unik bunga sedap malam juga menjadi salah satu faktor mengapa para hobbis sangat menyukai bunga bernama latin Polianthes tuberosa ini.

Fakta Unik Bunga Sedap Malam

Fakta Unik Bunga Sedap Malam

Keharuman bunga sedap malam memang tak perlu diragukan lagi. Minyak yang dihasilkan oleh bunga tersebut secara umum bahkan sudah dijadikan bahan dalam pembuatan minyak wangi alami berharga tinggi. Adapun kebiasaan bunga sedap malam yang hanya mekar di malam hari menambah nuansa unik yang jelas membedakannya dengan jenis bunga-bunga lain. Ya, bunga ini memang hanya mekar di malam hari, sama seperti bunga wijaya kusuma.

Fakta unik bunga sedap malam yang hanya bisa mekar di malam hari sebetulnya salah satu fenomena alam yang umum. Jadi nampaknya kita perlu harus membahasnya lebih dalam. Namun, Anda harus tahu beberapa fakta unik lain dari bunga satu ini di beberapa belahan dunia lain beserta gambar-gambar bunga sedap malam, berikut ini.

Gambar Bunga sedap malam di buket
  1. Manfaat dan sebutan yang berbeda-beda di setiap Negara. Di Negara Thailand bunga sedap malam biasanya digemari dan dimanfaatkan oleh para perangkai bunga, karena wangi yang khas dan tekstur bunganya yang tidak gampang layu, di Jepang masyarakat menganggap bunga tersebut sebagai bunga yang melambangkan cinta dan kasih sayang,
  2. di Eropa bunga berwarna putih ini dimanfaatkan untuk acara yang formal seperti upacara keagamaan dan pernikahan,
  3. di India dan di Perancis, para gadis dilarang untuk menghirup harumnya dikarenakan dapat memabukan mereka ke dalam suasana yang romantis,
  4. di Singapura bunga ini terkenal dengan sebutan xinxiao yang artinya tempat yang dihinggapi ngengat,
  5. di Persia bunga sedap malam disebut bunga Maryam karena banyak anak perempuan di Persia yang bernama Maryam.

Terlepas dari berbagai fakta uniknya, bunga sedap malam juga memiliki banyak sekali kegunaan terutama bagi kesehatan. Bunga ini dapat dijadikan bahan dari berbagai macam ramuan tradisional untuk beberapa jenis penyakit. Penyakit tersebut adalah :

Budidaya bunga sedap malam di pekarangan
  1. Bisul dan pembengkakan pada bagian tubuh, caranya dengan menumbuk halus akar bunga sedap malam dan menempelkannya di bagian yang sakit.
  2. Menajamkan penglihatan, caranya dengan memasak bunga sedap malam dengan bahan campuran lainnya dan memakannya.
  3. Flu, caranya dengan merebus akar bunga sedap malam dengan jahe dan daun bawang putih kemudian diminum dua kali sehari pagi dan sore hari.
  4. Katarak, caranya dengan merebus bunga sedap malam dengan air dan gunakan air tersebut untuk mencuci mata.
  5. Meningkatkan stamina, caranya dengan memasak bunga sedap malam dengan bahan campuran lainnya memakannya.
  6. Rematik, caranya dengan merebus akar bunga sedap malam dengan jahe merah dan gula merah kemudian minum airnya sebanyak dua kali sehari pagi dan sore hari.
  7. Bau mulut dan radang tenggorokan, caranya dengan merebus akar bunga sedap malam dicampur dengan sambiloto dan diminum airnya dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Cara menanam Budidaya bunga sedap malam di pekarangan

Itulah beberapa fakta unik bunga sedap malam serta manfaatnya bagi kesehatan. Ingin memilikinya, tanamlah ia di sekitar pekarangan rumah Anda. Budidayakan ia dan buatlah rumah Anda harum dan wangi.

0 Response to "Fakta Unik Bunga Sedap Malam dan Manfaatnya"