100gambarbunga.blogspot.com

Cara Menanam Buah Naga dalam Pot, Ini 7 Tahapannya!

Cara Menanam Buah Naga dalam Pot - Umumnya buah naga tumbuh di lapangan terbuka atau langsung ditanam di tanah. Keterbatasan tanah dan lahan tempat tumbuh, menjadikan beberapa orang memodifikasi tempat tumbuh buah naga ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan wadah tanam seperti pot. Bagaimana cara menanamnya? Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Cara Menanam Buah Naga dalam Pot

Menanam buah naga dalam pot merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meramaikan pekarangan rumah, selain juga, kita dapat memetik buah naga sendiri.

Cara Menanam Buah Naga dalam Pot
Beberapa tahapan yang sebaiknya diperhatikan dalam cara menanam buah naga dalam pot ini adalah sebagai berikut.

1. Persiapan bibit

Bibit yang baik untuk dibudidayakan merupakan bibit yang diperoleh dari indukan yang telah tua. Batangnya berwarna hijau tua keabuan, berukuran besar dan harus bebas dari penyakit. Pemilihan bibit haruslah baik. Bibit yang siap pindah tanam setidaknya memiliki tinggi ±30 cm.

2. Persiapan wadah tanam/pot

Pot yang akan digunakan dalam cara menanam buah naga dapat berupa pot plastik, pot semen, tanah liat, drum plastik atau drum seng. Dari sekian banyak pilihan pot tersebut, lebih disarankan untuk menggunakan pot yang terbuat dari tanah liat. Hal ini akan berpengaruh terhadap pembungaan tanaman buah naga. Buah naga memerlukan perubahan suhu siang ke malam yang drastis ketika dalam fase pembungaan. Semakin besar ukuran pot akan semakin baik karena akan memberikan ruang tumbuh bagi tanaman. Sebaiknya memilih pot dengan diameter minimal 40 cm. [Baca Juga : Cara Menanam Bunga Mawar]

3. Persiapan tiang panjat

Tanaman buah naga tidak memiliki batang yang tegak. Untuk itulah diperlukan tiang panjatan. Tiang ini berfungsi untuk menopang tanaman agar tetap tumbuh tegak ke atas (tidak menjalar ke samping). Pada awalnya, tanaman akan diikatkan ke tiang panjat dengan tali, selanjutnya, tanaman akan menempel pada tiang panjat menggunakan akar udaranya.

Dalam cara menanam buah naga di dalam pot yang tepat, pemilihan tiang panjat juga harus diperhatikan. Penanaman dalam pot memerlukan tiang panjat yang kuat, mampu tegak tetapi masih dapat ditopang oleh pot itu sendiri. Tiang panjat dapat berupa tiang beton dengan diameter 8-10 cm atau kayu. Jika menggunakan kayu, sebaiknya pilihlah kayu yang kuat dan tahan lama. Hal ini disebabkan karena tanaman buah naga dapat mencapai usia puluhan tahun. Tinggi tiang panjat disesuaikan dengan ukuran pot, dapat mencapai 1,5-2 m.

Ketika ditancapkan ke pot, sebaiknya bagian bawah tiang dari kayu diberi kaki-kaki penguat agar bisa kuat dan tidak roboh. Bagian atas tiang diberi piringan untuk menyangga cabang-cabang tanaman. Piringan ini dapat berupa ban bekas.

4. Persiapan media tanam

Tahapan selanjutnya dalam cara menanam buah naga dalam pot adalah persiapan media tanam. Media tanam yang baik untuk tanaman buah naga merupakan campuran tanah, pasir, pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 2:1:3:1. Setelah tercampur rata, taburkan dan campurkan 100 g dolomit ke media tanam tersebut. Setelah itu, media tanam disiram hingga jenuh dan dibiarkan selama ±1 minggu. [Baca Juga : Cara Menanam Bunga Tulip]

5. Penanaman

Buat lubang tanam dengan diameter sebesat bibit dan kedalaman ±10 cm. Pindahkan bibit dari polybag kemudian padatkan media tanam di sekitar bibit agar tidak mudah roboh. Siram tanaman dan letakkan di tempat terbuka, tidak ternaungi dan terkena sinar matahari.

Cara Menanam Buah Naga dalam Pot

6. Pemeliharaan tanaman

Dalam cara menanam buah naga dalam pot, pemeliharaan tanaman meliputi penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan cabang.
  • Penyiraman dilakukan sebanyak 3 kali sehari di musim kering dan atau sesuai kondisi tanaman. Penyiraman dikurangi ketika tanaman mulai berbunga untuk meghindari pertumbuhan tunas baru.
  • Pemupukan dilakukan dengan pemberian pupuk kandang atau kompos setiap 3 bulan sekali sebanyak 5-10 kg. Ketika memasuki fase pembungaan dan pembuahan berikan NPK dan ZK masing-masing 50 dan 20 gram per pot.
  • Pemangkasan yang sebaiknya dilakukan terhadap tanaman buah naga adalah pemangkasan produksi. Pemangkasan ini dilakukan terhadap tunas yang tumbuh pada batang pokok. Sebaiknya pertahankan 3-4 tunas saja. Selanjutnya, jika tanaman sudah berbuah 3-4 kali, maka cabang sudah tidak produktif lagi sehingga dilakukan pemangkasan. Selain itu, pemangkasan juga bertujuan agar semua tajuk tanaman mendapatkan sinar matahari.

7. Panen

Setelah tahapan cara menanam buah naga dalam pot di atas kita lakukan, ia kemudian dapat dipanen pada bulan ke 10-12 setelah tanam. Namun jika tanaman berukuran lebih kecil, pemanenan dapat dilakukan setelah 1,5-2 tahun. Siklus hidup tanaman ini dapat mencapai 15-20 tahun. [Baca Juga : Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang]

Buah naga yang dapat dipanen merupakan buah naga yang kulit buahnya merah mengkilap, jumbai buah berwarna kemerahan, mahkota buahnya mengecil dan pangkal buah menguncup atau keriput.

Nah, demikianlah tahapan cara menanam buah naga di dalam pot yang dapat kami jelaskan. Penanaman di pot menjadi solusi bagi masyarakat yang memiliki lahan yang minim. Banyak orang yang telah mempraktekkannya. Apakah anda berminat? Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menanam Buah Naga dalam Pot, Ini 7 Tahapannya!"