100gambarbunga.blogspot.com

7 Trik Cara Merawat Bunga Mawar agar Rajin Berbunga

Banyak orang yang bingung melihat tanaman bunga mawar yang ditanamnya dalam pot atau di pekarangan tak kunjung berbunga, atau berbunga tapi hanya sedikit. Meski sudah melakukan pemupukan dan penyiraman rutin, bakal bunga dari pucuk tanaman tak jua muncul, sehingga tanaman mereka tampak tak sedap dipandang mata. Jika Anda mengalami hal semacam ini, janganlah bingung. Ikutilah beberapa trik cara merawat bunga mawar agar rajin berbunga sepanjang hari berdasarkan pengalaman kami berikut ini. Silakan disimak!

Cara Merawat Bunga Mawar

Cara Merawat Bunga Mawar

1. Penyinaran

Perlu diketahui bahwa sinar matahari adalah salah satu unsur penting yang dapat merangsang terjadinya pembungaan (florasi). Jika Anda ingin tanaman Anda berbunga dengan lebat, jemur atau letakanlah tanaman mawar Anda pada tempat yang sering tersinari matahari, terutama matahari pagi.

Cara merawat bunga mawar dengan menjemurnya saat pagi sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang, padahal hal inilah yang menjadi poin utama untuk membuat tanaman mawar rajin berbunga.

2. Pengendalian Gulma

Untuk membuat tanaman bunga mawar rajin berbunga, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan melakukan pengendalian gulma. Gulma-gulma yang tumbuh di areal penanaman, baik itu di dalam pot maupun di lahan pekarangan, harus dibersihkan dengan cara dicabut agar tidak mengganggu pertumbuhan bunga mawar yang ditanam. Gulma-gulma atau rumput yang tumbuh di areal penanaman harus dimusnahkan sebelum tanaman mawar dipupuk agar ia tidak menyaingi penyerapan pupuk tanaman bunga kita. [Baca : 5 Manfaat Gila Bunga Mawar]

3. Pemupukan

Setelah gulma dihilangkan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam cara merawat bunga mawar agar rajin berbunga adalah dengan melakukan pemupukan. Pemupukan penting dilakukan agar asupan hara yang dibutuhkan tanaman untuk berbunga dapat tercukupi.

Trik Cara Merawat Bunga Mawar agar Rajin Berbunga
Pemupukan bunga mawar dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali menggunakan jenis pupuk majemuk berupa NPK Mutiara dengan dosis 20 butir per tanaman. Pupuk NPK Mutiara mengandung hara lengkap, nitrogen, posfor, dan kalium sehingga selain dapat membantu tanaman untuk merangsang pembungaan, juga dapat meningkatkan kesuburan pertumbuhan daun dan kekebalan tanaman terhadap penyakit.

4. Aplikasi ZPT

Agar tanaman mawar Anda berbunga dengan lebat, Anda juga bisa mengaplikasikan zat perangsang tumbuh untuk merangsang terjadinya pembungaan. Contoh ZPT yang bisa disemprotkan misalnya pupuk Gandasil B atau pengganda hasil bunga. Pupuk tersebut kaya akan kalium, zat yang dapat merangsang pembentukan bunga.

5. Penyiraman

Selain dipupuk, tanaman bunga mawar juga harus disiram agar serapan hara dan pertumbuhan akar dapat maksimal. Pemupukan dilakukan 2 kali sehari, setiap pagi dan sore. Khusus pada saat musim hujan, intensitas pemupukan dapat disesuaikan dengan keadaan.

Pastikan air yang digunakan untuk memupuk adalah air bersih. Anda juga bisa menggunakan air cucian beras untuk menyiram tanaman mawar Anda. Air cucian beras dipercaya mampu meningkatkan kesuburan biologis tanah di sekitar tempat pertumbuhan tanaman mawar Anda.

6. Pemangkasan

Cara merawat bunga mawar yang sering dilupakan banyak pehobi bunga adalah pemangkasan. Tanaman mawar yang tumbuh dengan banyak dahan dan ranting biasanya hanya akan mampu menghasilkan bunga dalam jumlah sedikit. Fotosintat atau makanan pada tanaman mawar yang berdahan banyak akan dihabiskan hanya untuk pertumbuhan daun sehingga pertumbuhan bunga menjadi kalah. Oleh karena itu, dahan-dahan atau ranting tua sebaiknya dipangkas agar tidak

Trik Cara Merawat Bunga Mawar

7. Pengendalian Hama dan Penyakit

Langkah terakhir yang harus dilakukan dalam cara merawat bunga mawar agar menghasilkan banyak bunga adalah melakukan pengendalian hama dan penyakit. Anda perlu menyemprotkan insektisida (racun serangga) jika melihat daun-daun tanaman mawar Anda bolong-bolong karena dimakan ulat. Anda juga perlu menyemprotkan fungisida jika melihat tanaman layu meski sudah sering disiram.

Pengendalian hama dan penyakit adalah teknik perawatan yang hanya perlu Anda lakukan jika melihat gejala-gejala serangan atau kerusakan pada tanaman Anda. Jika Anda tidak melihatnya, maka biarkanlah tanaman Anda karena tanaman Anda sehat.

Nah, itulah beberapa teknik dalam cara merawat bunga mawar agar ia rajin berbunga. Silakan terapkan teknik-teknik tersebut agar tanaman mawar Anda bisa semakin lebat berbunga, sehingga taman di pekarangan rumah Anda semakin tampak indah. Semoga bermanfaat.

1 Response to "7 Trik Cara Merawat Bunga Mawar agar Rajin Berbunga"

  1. jadi.. daun di dahan bunga mawar juga harus di pangkas ya,, supaya tanaman mwar bisa berbunga lebih banyak lagi, makasih informasinya bermanfaat

    ReplyDelete