100gambarbunga.blogspot.com

Bunga Matahari, Mari Mengenalnya Lebih Jauh!

Bunga Matahari / Kami yakin kita semua sudah mengenal jenis bunga yang satu ini. Bunga indah dengan warna kuning terang yang sering menjadi ikon bak terbitnya matahari dari arah timur. Yah, bunga cantik ini biasa disebut dengan bunga matahari. Pemilik nama ilmiah (latin) Helianthus Annuus ini banyak sekali kita temukan di negeri  kita, Indonesia. Tanaman yang banyak tumbuh di Iklim tropis ini termasuk jenis bunga yang sangat mudah untuk di tanam. Secara lengkap, tumbuhan ini berasal dari family Asteracease, sub family Helianthoidae, termasuk dari bangsa Heliantheae,dari Genus Helianthus dan dari Spesies Annus. Ribet yah.. buat kamu yang sedang pernah duduk di sekolah, terutama mantan SMK pertanian, Kami yakin pernah mempelajari secara lengkap klasifikasinya.

Gambar Bunga Matahari

Sejarah Bunga Matahari

Secara, jika kita runut asal muasalnya, sama seperti bunga krisan, tanaman ini merupakan salah satu spesies tanaman yang berasal dari Amerika Utara.

Ada juga yang mengatakan berasal dari Amerika bagian Tengah. What ever lah yang pasti bukan berasal dari Indonesia. Tanaman ini diperkirakan telah ada sejak 1000 SM. Wow ! Sejarah berkata, bahwa tanaman ini dibawa dari Arah Timur Amerika kemudian menyebar ke Wilayah Asia, termasuk Indonesia. Wah, gak kita sangka ya  bunga ini sudah menyebar seluruh pelosok negeri ini.

Gambar Jenis Bunga Matahari

Manfaat Bunga Matahari

Selain digunakan sebagai tanaman penyejuk mata,  bunga ini juga bisa menghasilkan minyak yang bermanfaat bagi kesehatan. Satu lagi manfaatnya yaitu biji dari bunga ini adalah camilan kita sewaktu kecil yang sampai saat ini masih diproduksi dan sangat mudah mencarinya di pusat perbelanjaan terdekat.  Meskipun bentuknya kecil, tapi cabe rawit lho! Buktinya banyak sekali mengandung kadar Vitamin E-nya. Bahkan jika dikategorikan tanaman biji bijian, biji bunga matahari mengandung kadar Vitamin E paling tinggi.

Gambar Kebun Bunga Matahari

Sifat Unik dan Morfologi Bunga Matahari

Bicara tentang ukuran, bunga ini memiliki diameter yang cukup besar meski memiliki biji yang terbilang kecil.  Bahkan jika diukur, diameternya bisa mencapai 30 cm lebih bro ! kok bisa ya? Ya, karena bunga ini terdiri dari ratusan bahkan ribuan bunga kecil yang bercokol pada satu bagian.

Gambar Biji Bunga Matahari
Satu lagi nih yang unik dari bunga ini. Jika istilah mengatakan ada gula ada semut, kalo bunga ini bisa dibilang ada sinar ada si doi. Ya, bunga matahari pergerakannya selalu mengikuti kemana arah cahaya matahari. Secara istilah sifat unik ini dinamakan Heliotropisme. Kalau di Perancis, masyarakatnya biasa menyebutnya dengan istilah “Tournesol” yang berarti pengelana matahari.  Tinggi Batang pohonnya dapat mencapai 4 – 5 meter, akan tetapi tergantung daerah lho guys. Sebab jika ditanam di dataran rendah, tanaman ini tidak akan bisa setinggi 5 meter. Seperti daerah tempat tinggal Kami, bunga matahari hanya dapat tumbuh 1 hingga 1,5 meter saja. Akan tetapi meski tak dapat tumbuh menjulang, tanaman ini tetap cantik dipandang mata kok.

Gambar Bunga Matahari
Nah, kalau ditinjau dari segi budaya Bangsa nih guys, Repuplik Rakyat China (RRC) menjadikannya sebagai simbol bunga nasional. Tidak hanya RRC, Peru, Russia dan Ukraina juga menjadikannya sebagai simbol Bunga nasional. Wah, fantastis sekali bukan ? Bagaimana? Sobat tertarik untuk menanam bunga matahari dirumah? Dijamin deh, setelah mekar nantinya hati sobat akan mendapatkan kepuasan tersendiri.

0 Response to "Bunga Matahari, Mari Mengenalnya Lebih Jauh!"