100gambarbunga.blogspot.com

Klasifikasi dan Ciri Ciri Bunga Matahari [+Gambar]

Pada artikel yang lalu, kami sudah bahas sedikit mengenai klasifikasi bunga matahari, tepatnya pada tulisan yang berjudul Mengenal bunga Matahari. Memang jika berbicara mengenai bunga, kita tak akan merasa jenuh guys, terutama buat kaum hawa, bunga selalu identik dan melekat pada jiwa-jiwa mereka. Lain halnya jika sobat adalah seorang hobiis dalam dunia bunga.  Sobat wajib tau donk bagaimana klasifikasi dan ciri ciri bunga matahari secara detail. Barangkali suatu saat nanti sobat ditanya atau bekerja di lembaga konservasi tanaman. Oleh karenanya perbendaharaan mengenai klasifikasi dan ciri ciri bunga tertentu amat sangat diperlukan untuk menghindari kesalahan dalam penyebutan tata nama tumbuhan khususnya bunga yang diakui oleh dunia internasional.

Klasifikasi dan Ciri Ciri Bunga Matahari [+Gambar]

Kita bicara sedikit ilmiah ya guys. Secara garis besar, bunga matahari atau helianthus berasal dari bahasa Yunani yakni Helios yang berarti “matahari” dan anthos yang bermakna “bunga”.

Klasifikasi Bunga Matahari

Helianthus merupakan genus dari tanaman yang terdiri dari sekitar 70 spesies di dalam keluarga Asteraceae, sub family Helianthoidae dan berasal dari Genus Helianthus. Sejatinya, genus ini merupakan salah satu dari berbagai macam family Asteraceae yang dikenal dengan “sunflower”.  Berikut ini adalah nomenklatur dari klasifikasi bunga matahari yang dilakukan oleh seorang ilmuwan ternama, Carolus Linaeus. Check it Out!.

Klasifikasi dan Ciri Ciri Bunga Matahari [+Gambar]
Kerajaan (kingdom) : Plantae (Tumbuhan)
Super Divisi : Spermatophyta (Tumbuhan yang memproduksi biji)
Divisi : Magnoliophyta ( Termasuk tumbuhan berbunga)
Class : Magnoliopsida ( Tumbuhan Berkeping dua)
Sub Class: Asteridae
Ordo : Asterales
Famili : Asteraceae
Genus : Helianthus
Spesies : Helianthus annuus L.

Klasifikasi dan Ciri Ciri Bunga Matahari [+Gambar]

Berdasarkan sistem klasifikasi di atas, dapat sobat ambil kesimpulan bahwa  nama latin bunga matahari (sunflower) adalah Helianthus annuus, L. Tapi perlu sobat ingat, bahwa ini adalah penamaan untuk salah satu dari jenis bunga matahari saja. Adapun jika spesies bunga matahari yang berbeda, maka nama latinnya juga sudah pasti berbeda. Meski demikian, spesies yang satu ini merupakan jenis yang paling banyak dikenal masyarakat dan paling banyak dibudidayakan.

Klasifikasi dan Ciri Ciri Bunga Matahari [+Gambar]

Ciri-Ciri Bunga Matahari

Sudah maklum bahwa bunga matahari merupakan bunga yang dapat digunakan sebagai tanaman hias maupun bahan pangan. Jika berbicara mengenai ciri ciri khusus bunga ini dapat sobat lihat melalui bentuk fisik tumbuhan ini. Diantara ciri yang mudah untuk sobat identifikasi antara lain dari bentuk daunnya. Bunga matahari memiliki bentuk daun yang lebar berwarna hijau tua. Batangnya berwarna kehijauan dan tidak terlalu keras (lembek). Sedangkan tangkai bunganya memiliki bentuk oval dengan disertai dedaunan kecil di tepinya.  Sedangkan jika kita lihat di kelopak bunganya, ia memiliki warna kuning  terang dengan di kelilingi bulatan hitam di tengahnya beserta calon biji yang berjumlah ratusan bahkan ribuan.


Klasifikasi dan Ciri Ciri Bunga Matahari [+Gambar]

Bunga matahari dapat hidup dengan baik pada iklim tropis, dan dalam tanah yang mengandung air sedang. Setelah bunga mekar dan menua maka secara alamiah biji bunga akan rontok dan jatuh di sekitar pohon dan segera tumbuh menggantikan pohon yang mati. Sebenarnya, apa sih keunggulan atau manfaat dari bunga matahari itu sendiri? Jika ingin tahu jawabannya, tunggu artikel kami berikutnya ya ! Salam.

0 Response to "Klasifikasi dan Ciri Ciri Bunga Matahari [+Gambar]"