100gambarbunga.blogspot.com

6 Khasiat Minyak Biji Bunga Matahari [+Gambar]

Masih seputar bunga matahari ya sobat. Wah apa sih main rahasia-rahasiaan gitu? Ya gitu deh. Sejatinya memang masih banyak yang belum kita ketahui tentang bunga matahari. Bunga menawan dengan sejuta khasiat. Masih banyak pula masyarakat yang hanya tahu bahwa pemanfaatan bunga matahari hanya seputar biji, biji dan biji yang biasa kita konsumsi dengan sebutan “kwaci”. Padahal, sebetulnya pemanfaatan bunga satu ini sangat banyak lho, dan semoga dengan postingan kami tentang khasiat minyak biji bunga matahari ini bisa menjadi referensi positif bagi sobat dan dapat bermanfaat bagi orang banyak.

Khasiat Minyak Biji Bunga Matahari

Khasiat Minyak Biji Bunga Matahari

Kami yakin sobat sudah paham letak biji bunga matahari adalah pada bagian tengah bunga. Minyak yang dihasilkan darinya adalah berasal dari biji bunga matahari ini. Biji bunga matahari memiliki rasa yang lezat dan gurih karena mengandung lemak. Jika kami boleh sebut, biji bunga matahari adalah makanan yang penuh manfaat karena kaya nutrisi yang penting bagi kesehatan. Berikut ini yang perlu sobat tahu dari sekelumit manfaat kesehatan dari biji bunga matahari.

1. Berkhasiat dalam Mencegah Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular bisa menyerang siapa saja lho, dan biasanya dalam keadaan kronik dapat mengakibatkan penderitanya meninggal secara mendadak!. Kandungan vitamin E adalah salah satu nutrisi yang amat berperan penting dalam mencegah kardiovaskular. Hal ini disebabkan karena vitamin E merupakan antioksidan yang dapat membantu mancegah radikal bebas yang disebabkan karena oksidasi kolesterol. Apabila kolesterol teroksidasi radikal bebas, maka ia akan menempel di dinding pembuluh darah kita, kemudian dapat menyebabkan aterosklerosis atau biasa kita kenal dengan penyumbatan pembuluh darah. Bahaya sekali bukan? Jika sudah terjadi, maka arteri pun akan tersumbat dan menyebabkan penyakit jantung dan juga stroke. Dan jika Anda tidak ingin mengalami masalah kesehatan ini, manfaatkanlah khasiat minyak biji bunga matahari tersebut.

Khasiat Minyak Biji Bunga Matahari

2. Membantu Memacu Pertumbuhan Anak

Protein yang ada dalam minyak biji bunga matahari termasuk sumber yang baik. Sebagaimana kita ketahui, protein berkontribusi dalam membangun otot sehingga  amat baik jika dikonsumsi oleh anak di usia pertumbuhan. Dalam 100 gram biji bunga matahari, mengandung protein sekitar 21 gram. Meskipun yang direkomendasikan sejumlah 37% per hari, tapi cukup lumayan untuk menambah kebutuhan protein dalam tubuh.

Gambar Minyak Biji Bunga Matahari

3. Membantu Meminimalisir Resiko Diabetes Mellitus

Khasiat minyak biji bunga matahari satu ini dapat diperoleh karena minyak biji bunga matahari mengandung asam klorogenat yang dapat meminimalisir kadar glukosa dalam darah kita dengan cara menghambat pemecahan glikogen di dalam hati.

4. Membantu Memproteksi Syaraf

Thiamin yang terkandung dalam minyak biji bunga matahari dapat memperkuat lapisan myelin dalam syaraf sehingga ia akan melindungi syaraf itu sendiri. Kekurangan thiamin atau B1 akan menyebabkan kerusakan lapisan myelin dan dapat mengakibatkan fungsi syaraf menjadi terganggu.

Gambar Minyak Biji Bunga Matahari

5. Membantu Mengurangi Resiko Kanker

Sumber mineral selenium yang baik terkandung di dalam minyak biji bunga matahari. Selenium dapat melawan kerusakan sel tubuh dan berperan dalam regenerasi DNA sel. Resiko kanker kolon dapat dikurangi dengan selenium. Begitupula dengan resiko kanker prostat dan kanker kandung kemih.

Gambar Minyak Biji Bunga Matahari

6. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E yang kaya manfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Diketahui bahwa vitamin E berperan dalam menjaga kulit dari radiasi sinar ultraviolet. Selain itu sebenarnya khasiat minyak dapat menyehatkan rambut, menjaga kesehatan tulang, menyehatkan otak dan masih banyak lagi.

Nah, itulah sobat pemaparan mengenai 6 khasiat minyak biji bunga matahari. Bagaimana? Cukup banyak bukan? Ingin membudidayakan bunga satu ini? Ketahui caranya di posting artikel selanjutnya ya.

0 Response to "6 Khasiat Minyak Biji Bunga Matahari [+Gambar]"