100gambarbunga.blogspot.com

4 Cara Membuat Bunga dari Sabun Mandi dengan Mudah

Kreasi kerajinan tangan menggunakan barang-barang bekas sekarang ini memang tengah ngetrend di kalangan masyarakat. Selain anak-anak sekolah, ibu-ibu muda pun kini kerap kali mengisi waktu luangnya dengan membuat kerajinan tangan untuk menghiasi rumah dan ruang tamu. Salah satu kerajinan tangan yang menjadi pilihan misalnya kreasi bunga-bungaan dari barang-barang bekas seperti plastik, sabun, kulit jagung, kertas, tisu, dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini, kami telah merangkum panduan cara membuat bunga dari sabun mandi beserta gambar tahap demi tahapnya untuk Anda coba. Silakan disimak!

Cara Membuat Bunga dari Sabun

Cara Membuat Bunga dari Sabun

Mendengar bahwa sabun bisa dibuat menjadi hiasan bunga, saya yakin Anda pasti terkejut. Memangnya bisa bahan tersebut dibuat hiasan semacam itu? Jawabannya ternyata bisa. Sabun memang bisa dibuat menjadi bunga-bungaan dengan mudah dan sederhana melalui cara membuat bunga dari sabun mandi berikut ini.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama dalam pembuatan hiasan bunga dari sabun adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Adapun alatnya antara lain parutan, baskom kecil, dan kawat, sedangkan bahannya antara lain sabun mandi, tepung kanji, selotip warna hijau, dan daun imitasi.

Cara Membuat Bunga dari Sabun

2. Buat Adonan

Setelah alat dan bahan siap, langkah selanjutnya yang harus dilakukan dalam cara membuat bunga dari sabun adalah membuat adonan bunga. Adonan dibuat dengan memarut sabun mandi hingga berbentuk serpihan bubuk, mencampurkannya dengan tepung kanji, dan menambahkan air secukupnya. Perbandingan antara tepung kanji dan bubuk sabun sebaiknya adalah 2:3. Adonan tersebut diratakan sehingga teksturnya menjadi mudah dibentuk seperti parafin.

3. Membuat Mahkota Bunga

Adonan sabun yang telah dibuat kemudian dibentuk menjadi helaian-helaian mahkota bunga. Untuk membuat helaian-helaian ini, Anda dapat menggunakan kreasi tangan Anda sendiri atau dengan menggunakan bantuan gunting dalam membentuk sisi-sisinya.

Cara Membuat Bunga dari Sabun
Helaian-helaian mahkota bunga dari sabun itu kemudian disatukan pada setiap ujungnya yang melebar pada kawat yang sudah dilapisi dengan selotip hijau dan dihiasi dengan daun imitasi. Yang perlu diingat ujung kawat tempat penyatuan mahkota bunga sebaiknya dilapisi terlebih dahulu dengan adonan agar helaian mahkota bunga dapat merekat dengan erat.

4. Menyusun dalam Vas Bunga

Tangkai-tangkai bunga telah jadi siap dirangkai dalam vas bunga keramik. Dalam menyusun tangkai bunga dari sabun ini sebaiknya Anda membuat perbedaan tinggi tangkai. Hal ini agar hiasan bunga tampak lebih natural sekaligus agar lebih terlihat tebal.

Dalam satu vas sebaiknya juga tidak hanya terdiri dari satu warna bunga. Anda bisa membuat variasi warna dengan membuat bunga dari sabun yang berbeda-beda. Rekomendasi saya gunakanlah sabun yang memiliki wangi yang kuat seperti sabun Lifebuoy atau sabun Citra.

Nah, itulah cara membuat bunga dari sabun dengan mudah yang dapat saya jelaskan. Bunga hiasan dari sabun memiliki banyak keunggulan. Selain karena lebih awet dan biaya pembuatannya yang murah, bunga hiasan ini juga akan membuat wangi ruangan Anda. Tak percaya? Silakan dicoba!

1 Response to "4 Cara Membuat Bunga dari Sabun Mandi dengan Mudah"