100gambarbunga.blogspot.com

5 Fakta tentang Bunga Wijayakusuma + Gambar Merah Putih

Bunga wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) adalah salah satu bunga yang saat ini keberadaannya mulai langka dan cukup sulit ditemukan. Karena kelangkaan tersebut, dewasa ini bunga wijayakusuma dilindungi di suaka alam. Bunga yang memiliki ciri-ciri fisik yang unik ini biasanya tumbuh di daerah pantai dengan hidup menemel pada karang-karang besar. Nah berikut ini kami akan sajikan 5 fakta tentang bunga wijayakusuma yang fenomenal itu.

Bunga Wijayakusuma + Gambar Merah Putih
Berasal dari Venezuela
Karena namanya yang mirip dengan nama Jawa, banyak orang mengira jika tanaman bunga wijayakusuma adalah tanaman asli Indonesia. Padahal tanaman ini sejatinya berasal dari Venezuela, Amerika Selatan. Tanaman wijayakusuma pada masa lalu dibawa oleh para pedagang China ke Indonesia (Majapahit) dan kemudian dibudidayakan secara masif karena keunikan bentuk dan ciri morfologinya yang sangat unik.

Mekar di saat yang sulit diprediksi
Bunga wijayakusuma mekar pada waktu yang tidak dapat ditentukan. Namun secara umum bunga dari tanaman yang masuk ke dalam keluarga kaktus-kaktusan ini mekar pada saat malam hari. Saat mekar, bunga wijayakusuma akan mengeluarkan wangi yang sangat semerbak seperti halnya bunga sedap malam.

Memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit

Bunga wijayakusuma dipercaya dapat digunakan sebagai ramuan herbal untuk mengobati beberapa penyakit. Berdasarkan referensi yang terdapat dalam Wikipedia Indonesia, diketahui bahwa bunga wijayakusuma berkhasiat untuk mengobati luka abses, menetralkan pembekuan darah (angin duduk), dan meredakan rasa sakitnya, bisul, antiradang, pendarahan, tuberkolosis, batuk, muntah darah, dan asma.

Bunga Wijayakusuma + Gambar Merah Putih

Memiliki hubungan erat denga penguasa masa silam
Di kalangan keraton Kasunanan Surakarta dan Yogyakarta, bunga wijayakusuma dipercaya memiliki hubungan erat dengan raja-raja Majapahit di masa silam. Masyarakat disana berkeyakinan bila bunga ini memiliki kekuatan magis yang cukup besar sehingga raja-raja tempo dulu diwajibkan memiliki sekuntum bunga wijayakusuma yang ia peroleh dari tanaman yang ia tanam sendiri.

Mitos tentang mekarnya bunga wijayakusuma

Timbul mitos yang menyebutkan bila seseorang yang tanpa sengaja menyaksikan mekarnya bunga wijayakusuma, maka orang tersebut akan mendapatkan kebaikan di hari selanjutnya, baik berupa rezeki yang berlimpah, kesehatan, kebahagiaan, dan hal-hal positif lainnya. Secara ilmiah, mitos ini memang tidak bisa diterima begitu saja, namun pada beberapa kejadiaan, mitos tentang mekarnya bunga wijayakusuma memang terbukti dari beberapa kesaksian.

Nah demikianlah pembahasan mengenai 5 fakta tentang bunga wijayakusuma beserta gambar dari jenis yang putih dan yang merah. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda semuanya. Berikut ini sekalian kami sajikan video mekarnya bunga wijayakusuma yang kami ambil dari Youtube.

2 Responses to "5 Fakta tentang Bunga Wijayakusuma + Gambar Merah Putih"

  1. Saya punya bunga wijaya kusuma tetapi mekarnya bukan malam hari tapi pukul 6 sore , langka ya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimana tempat beli bunga wijayakusuma daerah bali ya? mohon infonya
      terima kasih

      Delete