100gambarbunga.blogspot.com

Manfaat Bunga Sepatu, Fungsi, Kandungan, dan Khasiatnya

Menanam bunga sepatu di pekarangan rumah adalah sebuah pilihan bijak, karena selain dapat berfungsi untuk memperindah taman, bunga sepatu juga memiliki banyak manfaat dan fungsi sebagai tanaman obat. Tanaman bunga sepatu dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit karena berbagai kandungan senyawa di dalamnya. Berikut ini kami akan menjelaskan hal-hal berkaitan dengan bunga sepatu dan fungsinya yang antara lain: kandungan bunga sepatu, manfaat dan khasiat bunga sepatu untuk kesehatan, bunga sepatu dan fungsinya yang lain, serta teh bunga sepatu yang kaya manfaat. 

Manfaat Bunga Sepatu, Fungsi, Kandungan, dan Khasiatnya

Kandungan Bunga Sepatu 

Manfaat dan fungsi bunga sepatu sebagai obat herbal dapat diperoleh karena bunga sepatu mengandung berbagai senyawa seperti flavonoida, cyanidin diglucosid, taraxeryl acetat, saponin, polifenol, tanin, saponin, hibisetin, Ca-oksalat, dan peroxidase. Senyawa-senyawa ini pada penyakit tertentu dapat membantu melemahkan berbagai jenis organisme penyebab penyakit (Wikipedia, 2014; ). Khasiat dan Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan Berbagai kandungan senyawa dalam bunga sepatu tersebut dapat berfungsi mengobati penyakit-penyakit diantaranya penyakit kencing nanah, batuk lendir, batuk berdarah, demam, bronkitis, gondongan, melancarkan haid, sariawan, mengatasi masalah keputihan, menghentikan darah mimisan, radang usus, dan TBC (Wikipedia, 2014)

Gambar Manfaat Bunga Sepatu, Fungsi, Kandungan, dan Khasiatnya

Untuk memperoleh khasiat dari bunga sepatu untuk menyembuhkan penyakit di atas, berikut ini resep-resep pengobatan yang telah penulis rangkum dari berbagai sumber:
  1. Untuk mengobati kencing bernanah; rebus 5 kuntum bunga sepatu dan 15 gram daun sambiloto dalam 2 gelas air. Biarkan hingga air yang tersisa tinggal 1 gelas kemudian saring dan biarkan hingga hangat untuk langsung dapat diminum. Agar terasa manis, air rebusan dapat ditambah madu secukupnya.
  2. Untuk mengobati batuk lendir dan batuk berdarah; remas 2 kuntum bunga sepatu yang sudah dicuci bersih untuk mengambil sarinya. Sari tersebut kemudian diseduh dengan air panas dan diamkan atau diembunkan selama 1 malam. Esok harinya, air seduhan sari bunga sepatu tersebut dapat diminum.
  3. Untuk mengobati demam; rebus hingga mendidih 5 helai daun bunga sepatu ditambah 1 helai daun pepaya dan sedikit garam, kemudian minum saat masih hangat.
  4. Untuk mengobati bronkitis; haluskan 2 kuntum bunga sepatu lalu seduh dengan air panas ditambah sedikit garam. Air seduhan dapat diminum saat sudah hangat. Lakukan ini 2 kali sehari.
  5. Untuk mengobati gondongan; rebus 5 helai daun dan 3 kuntum bunga sepatu dalam 2 gelas air, biarkan hingga menjadi 1 gelas saja, lalu saring dan biarkan hingga hangat untuk langsung dapat di minum.
  6. Untuk melancarkan haid; haluskan 3 kuntum bunga sepatu, masukan ke dalam 1 gelas air matang dan beri sedikit cuka beras. Minum sebanyak 3 kali sehari hingga haidh menjadi lancar.  
  7. Untuk menyembuhkan TBC; haluskan 3 kuntum bunga sepatu, lalu tambahkan 1/2 gelas air hangat dan 1 sendok madu. Minum ramuan ini 3 kali sehari untuk melancarkan dahak.
  8. Untuk mengobati bisul; rajang halus 5 lembar daun dan 2 kuntum bunga kembang sepatu, lalu lekatkan langsung pada bagian yang terkena bisul. Lakukan 2 kali sehari sebanyak yang diperlukan.
  9. Untuk menumbuhkan rambut; remas-remas hingga halus 15 helai bunga sepatu putih dalam 1 gelas air hangat. Setelah hancur, siramkan air tersebut perasan ke kulit kapala secara perlahan sambil dipijat-pijat.
  10. Untuk mengobati jerawat; rendam 3 kuntum bunga sepatu yang sudah diiris kecil-kecil di dalam segelas air selama 1 malam.  Campurkan sedikit madu ke dalamnya lalu gunakan sebagai obat pencuci muka yang berjerawat. Lakukan ini setiap bangun tidur.
  11. Untuk menjadi obat anti penuaan; haluskan beberapa kuntum bunga untuk digunakan sebagai masker ketika hendak tidur.

Bunga Sepatu dan Fungsinya yang Lain 

Selain digunakan sebagai tanaman obat, bunga sepatu di beberapa negara juga memiliki banyak fungsi dan kegunaan. Berikut ini fungsi dan kegunaan bunga sepatu di berbagai negara:
  1. Di India, bunga sepatu digunakan sebagai bahan menyemir sepatu dan sebagai bunga persembahan kepada dewi-dewi agama Hindu. 
  2. Di Tiongkok (China), bunga sepatu digunakan sebagai bahan pewarna makanan alami. Di Okinawa-Jepang, bunga sepatu digunakan sebagai tanaman pagar dan tanaman yang sengaja ditanam di kuburan. Di Kepulauan Pasifik, bunga sepatu dimakan setelah diolah menjadi salad. 
  3. Di zaman dahulu, bunga sepatu digunakan sebagai indikator pH. Pada larutan asam, bunga sepatu merah berubah warna menjadi pink gelap atau warna magenta. 
  4. Di Indonesia, daun dan bunga digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Bunga sepatu yang dikeringkan juga diminum sebagai teh. 

Teh Bunga Sepatu yang Kaya Manfaat 

Bunga sepatu dapat dibuat menjadi teh yang kaya manfaat. Teh bunga sepatu dapat digunakan untuk mengobati pilek, batuk, flu, demam, sebagai antioksidan, penambah vitamin C, obat darah tinggi, dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, dan menjaga kekebalan tubuh (Faedah Jaya, 2014). Pembuatan teh bunga sepatu ini tergolong cukup mudah. Helaian bunga sepatu yang segar dirajang tipis-tipis, lalu dijemur dibawah terik matahari selama 2 hari. Setelah kering, teh dapat diseduh dengan air panas untuk kemudian diminum. Sedikit gula dapat ditambahkan ke dalamnya agar lebih enak.

Gambar Manfaat teh Bunga Sepatu, Fungsi, Kandungan, dan Khasiatnya

Itulah tadi pemaparan lengkap mengenai manfaat bunga sepatu, fungsi, kandungan, dan khasiatnya. Semoga manfaat yang banyak dari bunga sepatu tersebut dapat kita ambil secara optimal untuk keperluan kita atau untuk menjadi ladang bisnis baru.

0 Response to "Manfaat Bunga Sepatu, Fungsi, Kandungan, dan Khasiatnya "